Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J

Sunday 20 May 2012

Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J

Pada saat ini isu mengenai pemanasan global semakin memuncak dengan perubahan iklim yang dapat kita rasakan semakin panas dan tidak jelas .Untuk mengurangi dampak dari pemanasan global tersebut maka Pemerintah , bahkan warga dunia , berusaha untuk menggalakkan penghijauan kembali , menghindari penebangan hutan sembarangan dan penciptaan teknologi yang lebih ramah lingkungan .
Berkaitan dengan isu tersebut ,kali ini Sebagai salah satu warga Indonesia yang baik maka saya ingin me review sedikit mengenai motor matic yang satu ini , karena saya meyakini  hal ini akan menjadi pelopor dalam hal teknologi mesin yang ramah lingkungan .
Mencari Motor matic berteknologi injeksi yang irit bahan bakar dan berharga murah ( ekonomis ) merupakan solusi terbaik bagi konsumen sepeda motor yang ingin meletakkan nilai efisiensi sebagai prioritas utama . Faktor ini merupakan faktor utama yang sangat dipentingkan oleh Si pembeli .
Berbicara tentang motor matik injeksi irit dengan harga ekonomis maka pilihan terbaik akan jatuh pada produk sepeda motor terbaru Yamaha Mio J. Model terbaru yang telah tersedia di pasar nasional ini begitu unik dengan keunggulan sesuai tagline-nya "Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic."
Sesuai dengan kalimatnya “ It’s Magic “ .Saya merasa teknologi yang diciptakan pada motor matic yang satu ini sangat menarik .Selain teknologinya yang ramah lingkungan ,juga hemat bensin ,semakin cepat serta harga nya yang relative terjangkau atau dengan kata lain murah .

Apa itu Yamaha Mio J .??
Add Image Yamaha Writing Competition
Sedikit perkenalan aja , Pada kali ini saya akan membahas motor Matic keluaran Yamaha yakni Yamaha Mio J . Dulu sempat ada anggapan bahwa Motor  Matic hanya diperuntukkan bagi kaum Wanita yang ga suka ribet dan nyaman , tapi seiring dengan perkembangan zaman anggapan itu pun terpecahkan dan banyak sudah kaum Lelaki yang memakai Motor Matic .
Keunik Mio J saja sudah dimulai dari namanya. Huruf "J" yang berada di belakang nama "Mio" merupakan awalan dari teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).
Dengan menggunakan teknologi menyatukan ketangguhan mesin Yamaha  , DiAsil Cylinder & Forged piston dengan teknologi terkini Fuel Injection menghasilkan motor matik dengan performa yang tinggi , tetapi konsumsi bahan bakar yang lebih irit hampir 30 %  . benar benar  “ it’s magic ”  .
Selain itu Mio J juga bersahabat artinya Motor Matic  Mio J mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator . Servisnya pun cepat karena akinya kering , jadi tidak perlu dicek setiap minggu .
Untuk mereka yang butuh ruang untuk penyimpan barang tak perlu khawatir. Bagasi Mio J luasnya 8 liter , sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan , sepatu ganti , dan tas kecil .
Pengguna Mio J juga tidak perlu sering - sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar karena besarnya tangki Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar . Keunggulan lainnya adalah mudah membawa boncengan karena joknya panjang.
Performa Mio J sudah pasti terjamin keunggulannya . Hal ini berkat diaplikasinya sederet terknologi terdepan Yamaha , yaiut diasil cylinder , forged piston , dan YM JET - FI. Jadi bukan berlebihan bila Mio J lahir sebagai motor matik performa tinggi secepat jet dan selincah Mio , didukung kemampuan irit dan awet .
Baiklah , Sesuai dengan judul diatas pada tulisan kali ini saya akan coba untuk membahas satu per satu Mengenai Motor Matic yang satu ini .

Apakah itu Teknologi YMJet-Fi  . ? ?

Dikatakan bahwa Yamaha Mio J menggunakan generasi kedua dari teknologi YM Jet - Fi , yang jadi pertanyaan sebenarnya apa itu YM Jet - Fi . ? ?
Setelah akses sana sini akhirnya ketemu juga jawabannya  . YM Jet - Fi atau dengan kata lain Yamaha Mixture JET – Fuel  Injection merupakan teknologi  khusus diciptakan untuk efisiensi sepeda motor di padukan dengan kecepatan dengan cc berkapasitas mesin kecil seperti Skuter matic  atau Motor Matic .

Mengapa dikatakan Mio J semakin cepat semakin irit.??
Bukannya hal tersebut salah ya , karena biasanya semakin cepat Motor tersebut maka tenaga yang dibutuhkan semakin banyak  , maka akan lebih boros atau dengan kata lain lebih boros bahan bakar . Untuk meluruskan pandangan tersebut , anda bisa membuktikan sekaligus mengubah cara pandang anda terhadap motor matic Yamaha Mio J .

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YM JET - FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar . Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat .
Selain itu, pada teknologi YM JET - FI juga disematkan sistem Air Assist Passage ( jalur udara khusus pada sistem YM JET – FI ). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar .
Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ ekstrem ” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, E C U  mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.
Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan pada bagian berikutnya :

Mengapa Dikatakan Mio J lebih Irit  . ? ?
Berkaitan dengan teknologi Yamaha matic mio yang gunakan yakni  YM Jet – Fi , disini saya akan mencoba menjelaskan kurang lebih cara kerja dari sistem injection dari motor matic yang satu ini .
Cara kerja  nya hampir sama seperti system injeksi konvensional , yaitu fuel pump (pada teknologi yamaha mio j ,memiliki Fuel Pump yang sangat compact ( padat ), low electricity consumption ( konsumsi energi listrik rendah ), serta good fuel consumption ( mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin ) )  , di masukkan ke tengki bensin kemudian besin disalurkan menuju injector , lalu melalui injection bahan bakar bensin akan disemprotkan kearah throttle body ke ruang bakar dengan dicampur oleh udara .  Hanya saja perbedaannya terletak pada jalur penyedia udara ( air supply ) . Pada teknologi YM Jet - Fi jalur supply udara dibagi menjadi 2 jalur yaitu melalui pipa kecil ( AIR ASIST Pasage ) dan melalui pipa besar ( Main Air Passage )  . Udara dihembuskan ke ruangan pembakaran melalui salah satu dari jalur penyedia udara tersebut , sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan Revolutions per minute ( Rpm ) mesin  .
Ketika mesin berjalan dibawah 5 ribuan rpm maka jalur udara yang akan dimanfaatkan yaitu melalui pipa kecil ( Air Asist passage ) , tetapi ketika mesin berjalan diatas 5 ribuan rpm dan membutuhkan kemampuan yang lebih besar , maka jalur udara yang dimanfaatkan yaitu melalui pipa besar ( Main Air Passage ) .
Dalam pembagian alur udara digunakan kombinasi dua pintu ‘ gerbang ’ , yakni Klep down stream dan klep up stream . E C U dapat mendeteksi besaran Revolutions per minute ( Rpm ) motor dari sensor dan Saat Revolutions per minute ( Rpm ) dibawah 5 ribuan ECU akan agar klep Down Stream nutup dan Klep Up stream tetap terbuka sehingga udara masuk Via Air Assist Pasage.
Selain itu dengan system atomisasi dari semprotan bahan bakar  oleh injector yang dibuat sangat kecil maka menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna dan menyeluruh .Inilah mengapa dikatakan Teknologi yang diterapkan adalah “ Gas buangan yang lebih ramah lingkungan ” .
Kemudian pada motor matic injeksi irit harga murah ini dilengkapi dengan 6 sensor  yaitu  
1 . sensor TPS ( Throttle Position Sensor ) ,
 2 . IATS ( Intake Air Sensor ) ,
 3 . IAPS ( Intake Air Pressure sensor ) , 
4 .  ISC ( Idle Speed Sensor ) ,
 5 . O2 sensor , serta 
6 . Crank Angle Sensor  
Yang mana sensor - sensor yang diatas adalah berfungsi untuk melakukan respon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar men yuplai bahan bakar sesuai kebutuhan , sehingga motor matic yang tetap irit walau bertenaga penuh .
Pada Spesifikasi mesin Mio J yang baru , keluaran produk dari Yamaha Motor matic  ini menggunakan tipe mesin 4 – langkah , 2 valve , SOHC , berpendingin kipas dan berkapasitas 113 CC . Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 Revolutions per minute ( Rpm ) ,  dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 Revolutions per minute ( Rpm ) .
Banyak poin - poin penting yang menjadi keunggulan dari Mio J bisa dilihat melalui performa , dimana responsive nya tinggi dan economical atau irit. Bahkan iritnya pun masih ditambah dengan kemampuan bertahan lama .
Tak hanya itu . Mio J masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna untuk anak muda . Fakta ini menjadikan Mio J semakin begitu sempurna .
Alasan Mengapa  memilih Motor Matic yang satu  ini .
Banyak hal yang dipandang menjadi klebihan dari motor matic yang 1 ini ,selain faktor bahan bakar yang irit dan harga yang relative murah ,salah 1 hal yang patut dipertimbangkan yaitu masalah Desain . Berangkat dari masalah desain tadi , Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia, anak - anak sampai dewasa. Dari segi Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda . Terlebih Yamaha menyediakan dua tipe yang bisa dipilih , yaitu Mio J Family dan Mio J Teen .


Tak hanya itu , Mio J yang dikenal dengan sebuatan “ Motor Matic injeksi irit harga murah “ ini juga  masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna untuk anak muda . Dan fakta ini semakin menjadikan Mio J semakin begitu sempurna . Terlebih lagi Mio J menggunakan mesin teknologi  Fuel Injection ( YM Jet  – FI ) yang benar - benar baru hasil pengembangan tenaga ahli Yamaha . Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik . Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor . Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis . Sporty , canggih , dan dinamis . Wah sungguh mengesankan , pasti juaranya.
Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan - lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi . Titik-titik menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang , spack board , leg shield dan head lamp.

Add Image Yamaha Writing Competition      Yamaha secara khusus menciptakan tipe Mio J Family untuk kalangan umum atau keluarga yang ingin tampil dinamis . Sementara Mio J Teen lebih diciptakan guna mendampingi keinginan anak-anak muda yang ingin tampil trendy penuh percaya diri .
Mio J Family sendiri berkarakter dinamis, sporti , elegan , dan simple . Ada lima varian pilihan untuk tipe Family , yaitu warna putih , hijau , biru , hitam , dan merah . Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya , sporti , dan dinamis .
      Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3 - tone color combination . Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu , yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp ; spack board depan , cover sayap samping dan cover body belakang ; cover body bagian bawah.
Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen . Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam - putih - merah.
Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu - abu muda; putih – biru –  abu - abu muda ; putih – hitam – abu - abu muda ; dan putih – merah – abu-abu muda .

 Dari Penjelasan diatas kurang lebih ,berikut ini merupakan poin / keunggulan dari Yamaha Mio :

Kelebihan dari desain Yamaha Mio J Motor matic injeksi irit harga murah yaitu :
1. Dari sisi desain jok tempat duduk : Yamaha mio memiliki jok tempat duduk yang lebih panjang  dan lebih luas sehingga memberikan kenyamanan pada pengguna dan cocok untuk perjalanan panjang . Selain itu ketinggian jok rendah sehingga bisa atau sangat cocok bagi semua ,baik baik oleh pria maupun wanita dari segala usia , anak - anak sampai dewasa .
2. Dari sisi desain lampu belakang  : Selain unggul di desain jok yang yang lebih panjang  ,motor   matic yang satu ini juga memiliki lampu belakang yang simple , terang serta tidak menyilaukan  mata sehingga tidak menggangu pengguna jalan yang lain dan memperkecil resiko kecelakaan .
3.Dari sisi desain bagasi : Motor matic yang 1 ini memiliki desain ruang bagasi yang luas yaitu 8  liter sehingga mampu menyimpan barang yang lebih banyak  (seperti barang  belanjaan , jas hujan , sepatu ganti , dan tas kecil , dll ) . 
4.Dari sisi desain Kunci Magnet :Fitur penting lainnya yang terdapat pada Mio J adalah key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Karena itu, ketika parkir Anda tak perlu lagi galau.
 5.Dari sisi desain tangki untuk mengisi bahan bakar : Pada motor matic Mio J ini besarnya tangki   Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar ,Jadi Pengguna Mio J  tidak perlu sering - sering  ke SPBU untuk mengisi bahan bakar .




Spesifikasi dari Yamaha Mio J
Add Image Yamaha Writing Competition

Dimensi
P x L x T                                 : 1.850 mm x 700 mm x 1.050 mm
Jarak sumbu roda                    : 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah          : 130 mm
Tinggi tempat duduk              : 745 mm
Berat isi                                   : Cast Wheel 92 kg,Spoke 93 kg
Mesin 
Tipe Mesin                              : 4 langkah , 2 Valve SOHG , Berpendingin Kipas
Jumlah / Posisi silinder            : Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume silinder                       : 113,7 cc
Diameter x langkah                 : 50,0 x 57,9 mm
Perbadingan Kompresi            : 9,3 : 1
Daya Maksimum                     : 7,75 PS ( 5,7 kW ) / 5,000 rpm
Torsi Maksimum                     : 8,5 N.m ( 0,80 kgf - m ) / 5,000 rpm
Sistem Starter                          : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan                   : Basah
Kapasitas Oli mesin                : Total : 0,85 Liter /Perawatan Berkala : 0,74
Sistem Bahan Bakar                : Fuel Injection ( FI M – Jet ) System
Tipe Kopling                           : Kering, Kopling sentrifugal Automatic type
Tipe Transmisi             : V-belt Otomatis
Pola Pengoperasian transmisi  : CVT Otomatis

RANGKA
Tipe Rangka                : Pipa Baja Tulang Bawah / Steel Underbone
Suspensi depan           : Teleskopik
Suspensi Belakang      : Unit Swing , Suspensi Tunggal
Ban depan                   : 70 / 90 – 14 M / G 34P
Ban belakang              : 80 / 90 – 14 M / G 40P
Rem depan                  : Cakram
Rem belakang             : Tromol

KELISTRIKAN
Sistem pengapian        : TCI ( Transistor Control Ignition )
Battery                                    : YTZ4V ( MF Battery ) / GTZ4V ( MF Battery )
Tipe busi                      : CR6HSA ( NGK )


Garansi 

Yamaha dengan berani memberikan Garansi 5 tahun untuk Diasil cylinder and forged piston Tentunya merupakan sebuah keuntungan bagi seorang pembeli dan semakin meyakinkan akan sebuah produk karena kita tidak akan takut lagi akan masalah Internal Motor tesebut Selama kerusakan bukan merupakan hasil dari kelalaian kita , tetapi karena masalah internal .


Harga 

Apakah anda tertarik . ? ? ,Untuk saat ini Mio J dibandroll dengan harga kurang lebih seperti dibawah ini :
                Mio J - FI dibanderol seharga Rp 11.990.000
Mio J CW - FI harganya Rp 12.800.000
 Mio J - CW Teen FI seharga Rp 12.930.000.


Add Logo Yamaha Writing Competition





1 comment:

 
SEPUTAR DUNIA OPEN SOURCE © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions